KMC “Galuh Taruna” Bandung Gelar Bakti Sosial Kemasyarakatan 2021

Acara pembukaan kegiatan Bakti Sosial Kemasyarakatan (BSK) di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis pada Jumat (6/8/2021).

 

Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC) “Galuh Taruna” Bandung melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Kemasyarakatan (BSK) di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang secara resmi dibuka pada hari Jumat (6/8/2021).

Ketua pelaksana BSK, Alpian Arip (20) menuturkan, kegiatan BSK ini merupakan salah satu program KMC “Galuh Taruna” Bandung yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Namun, pada tahun 2020 tidak dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan ini baru dilaksanakan lagi pada tahun 2021, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  “Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang mahasiswa aktif asal Ciamis dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Bandung,” tutur Alpian, Jumat (6/8/2021).

Adapun kegiatan BSK kali ini mengangkat tema “Patepung Lawung Paamprok Jonghok Sauyunan Akur Ngawangun Lembur, Sapanuju Rasa Miara Desa”  Yang memiliki makna menjunjung tinggi kekeluagaan dan memiliki tujuan yang sama yaitu memelihara dan ikut andil membangun desa.

Salah satu pembina KMC “Galuh Taruna” Bandung, Misfad, menegaskan bahwa kegiatan BSK ini bukan semata-mata pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga ajang untuk belajar hidup bermasyarakat di Desa Jalatrang ini.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan BSK ini, mahasiswa juga mampu belajar menghadapi realita yang terjadi di masyarakat, karena terkadang apa yang diajarkan di perguruan tinggi tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya,” tambah Misfad pada Jumat (6/8/2021) sebagaimana keterangan tertulis.

Selama 25 hari ke depan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu diantaranya service motor gratis, donor darah, mengajar Sekolah Dasar (SD) dengan teknis private dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan Madrasah Diniyah (MD), rias desa, santunan anak yatim, peringatan 17 Agustus, seminar pendidikan dan digital matketing, bank sampah, dan tabligh akbar sekaligus penutupan kegiatan BSK.

Kepala Desa Jalatrang, Dadi Haryadi, menyambut dengan baik maksud dan tujuan kegiatan BSK ini dan beliau berharap kegiatan ini mampu memberikan inovasi yang mendukung program untuk kemajuan desa.

Bersamaan dengan itu, Kepala Kecamatan Cipaku, Bangbang Mohamad, mengapresiasi terkait tema yang diusung dalam kegiatan BSK ini dan diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat melalui  kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.