BPPD Kabupaten Ciamis Siap Promosikan Kampung Wisata Baros Panjalu

Salah satu sudut Kampung Berwarna Dusun Baros (foto : Puy/Indo-satu.com) 

Ciamis – Pemerintah Kabupaten Ciamis siap mendukung penuh Inovasi dan kreasi kawasan wisata Dusun Baros, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) kabupaten Ciamis Endang Haris. Selepas mengikuti acara peresmian kawasan wisata Dusun Baros, Rabu (11/11/2020).

“Tugas utama kami adalah terus mempromosikan wisata di Ciamis, dengan catatan apa yang kami promosikan harus sinergis dengan yang ada dilapangan, saya melihat langsung hari ini dan saya berani mempromosikan habis-habisan (Kampung wisata Dusun Baros) ini saya berani mempromosikan karena ini hal yang unik dan potensial,” kata Endang saat ditemui usai acara.

Ketua BPPD Kabupaten Ciamis, Endang Haris.

Endang menjelaskan hadirnya Kampung Berwarna Dusun Baros, galeri Rumah Runtah dan objek wisata alam Bukit Baros merupakan satu kesatuan yang lengkap sebagai objek wisata potensial di Kabupaten Ciamis.

“Tentang Rumah Runtah ini misalnya, yang sangat berkaitan erat denga potensi warga Panjalu dimana banyak masyarakatnya yang menggeluti sektor pengolahan ini, sebut saja pegolahan besi-besi bekas atau rongsokan,” kata Endang

“Tentu ini berkesinambungan, karena warga bisa belajar bagaimana menjadikan barang bekas agar bernilai tinggi, bisa dijual, dan mampu meningkatkan taraf ekonomi masayakat sedniri,” sambungnya.

Sementara itu terkait dengan Kampung Berwarna dirinya juga mengatakan ini merupakan kawasan pertama di Kabupaten Ciamis yang perlu terus dikembangkan.

“Kampung warna di Ciamis ini, luar biasa tadi kata Pak Bupati di Kabupaten Ciamis (Kampung Berwarna Dusun Baros) ini hal baru. Kalau di tempat lain Saya melihat ada itu di Malang, dan disini tidak kalah luar biasa, indah, bersih juga apalagi kalau misalkan ditata lagi ditambah lampu hias kalau malam hari misalnya,” papar Endang.

Tak hanya itu, Endang juga melihat potensi besar yang di miliki Bukit Baros. Sebagai kawasan wisata alam yang menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki view yang khas di bandingkan dengan kawasan perbukitan lain di Kabupaten Ciamis.

“Kawasan  puncak memang banyak di Ciamis, tapi disini sangat khas yah, potensinya besar tinggal terus di tata dan di kembangkan misal menyediakan fasilitas bagaimana yang ingin camping, atau sediakan juga homestay,” ujarnya. (Tor)***

Baca Juga : Diresmikan Bupati : Kampung Berwarna, Rumah Runtah, dan Bukit Baros Panjalu Primadona Wisata Baru di Ciamis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.