Diresmikan Bupati : Kampung Berwarna, Rumah Runtah, dan Bukit Baros Panjalu Primadona Wisata Baru di Ciamis

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menandatangani prasasti peresmian kawasan kampung wisata Dusun Baros

Ciamis – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menandatangani prasasti peresmian kawasan kampung wisata Dusun Baros Panjalu, Rabu (11/11/20200). Prosesi peresmian diawali dengan sambutan-sambutan dilanjutkan dengan penandatanganan dan peninjauan kawasan wisata.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjelaskan pihaknya mengapresiasi inovasi warga Dusun Baros yang telah bergotong-royong menciptakan potensi wisata baru yang kedepannya menjadi daya tarik wisata tersendiri di kawasan tersebut.

“Inovasi dan kreasi Kampung Berwarna Dusun Baros, Rumah Runtah, dan wisata alam Puncak Baros, tentu ini akan sangat menarik sehingga tidak menutup kemungkinan wisatawan ingin berkunjung ke Dusun Baros dengan ciri khasnya yang sekarang diresmikan,” kata Herdiat saat sambutan.

Setelah sambutan, Herdiat bersama Kepala Desa Ciomas melakukan penandatangan prasasti sebagi tanda diresmikannya kawasan tersebut. Setelah itu Bupati meninjau galeri pemanfaatan barang bekas atau Rumah Runtah Lmntrash.

“Persoalan sampah ini sangat penting untuk kita perhatikan apalagi sampah plastik karena sangat mengancam kita, sehingga hadirnya Lmntrash merupakan inovasi yang perlu terus diddukung,” kata Herdiat.

Semenetara itu, pengelola Rumah Runtah, Dike menjelaskan Rumah Runtah merupakan galeri yang menampung berbagai kerajinan kreativitas warga Kabupaten Ciamis yang ingin memasarkan dan berbagi ilmu tentang pengolahan limbah menjadi barang yang lebih bernilai.

“Jadi kalau berminat memajang kerajianan di galeri Rumah Runtah Lmntrash silahkan kita terbuka, kita belajar bersama-sama disini bagaimana agar mampu memajukan daerah kita dengan kemampuan dan sumberdaya yang ada,” ujar Dike saat ditemui usai acara.

Pihaknya berharap para pegiat kerajinan tangan di Kabupaten Ciamis bisa memiliki wadah yang jelas bagaimana meningkatkan nilai jual dari karya seninya.

“Kedepan, kami berharap para pegiat kerajian di Kabupaten Ciamis atau juga para seniman, punya wadah yang jelas bagaiamana membuat karya seninya memiliki nilai jual sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Ciamis itu sendiri,” kata Dike.

Adapun kawasan wisata alam Bukit Baros indah menyajikan pemandangan Situ Lengkong yang sangat cocok untuk peminat wisata alam, juga cocok untuk menggelar kegiatan camping. (Tor)***

Baca Juga : Buah Kreativitas dan Inisiatif Warga, Kampung Wisata Baros Panjalu Diresmikan, Ada Apa Saja Disana ?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.