Diresmikan Wagub Jabar, Pemprov Siap Bantu Pengembangan Wisata Curug Tabraya di Panjalu

Ciamis – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan objek wisata baru yakni Curug Tabraya di Dusun Kertabraya, Desa Kerta Mandala Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, Sabtu (28/11
2020).

Selain objek wisata, di Dusun Kertabraya juga terdapat potensi lainnya seperti ternak ayam hias, kopi Gunung Sawal, serta Ubi tabraya. Uu mengatakan kawasan ini memiliki potensi ekonomi desa yang cukup optimal sehingga bisa meningkatkan kembali taraf ekonomi masyarakat yang dihantam pandemi.

“Yang kita harapkan adalah keadilan meratanya pembangunan ekonomi masyarakat, maka salah satu solusi yang kita bicarakan dengan Kang email untuk meratanya ekonomi Jawa Barat adalah nari kita gerakan potensi-potensi yang ada di desa-desa karena memang ternyata di desa Ini potensinya banyak,” kata Uu saat membuka acara sekaligus penandatanganan prasasti peresmian objek wisata Curug Tabraya.

Uu menjelaskan, peningkatan ekonomi Desa juga bisa dibangun melalui program one Pesantren one product. Hal itu lantaran lokasi Pesantren yang mayoritas terdapat di desa-desa dinilai cocok untuk mengembangkan potensi ekonomi sehingga pembangunan ekonomi bisa lebih merata ke semua lapisan masyarakat.

“Silahkan, maksimalkan potensi wisata yang ada di desa, kami memprogram agat 10 desa di 1 Kabupaten untuk ditingkatkan potensi wisatanya dengan nama Dewi alias Desa Wisata, Nah sekarang di sini ada berita terdapat potensi wisata barangkali memenuhi kriteria untuk mendapat bantuan dari Pemprov Jabar silakan saja ajukan,” Papar Wagub Jabar.

Adapun sejumlah bantuan yang bisa diberikan Pemprov Jabar meliputi akses Jalan, lokasi Parkir, warung- warung, mushola, juga toilet. “Itu sebagai sarana dasar dalam meningkatkan potensi wisata yang belum tersentuh yang belum terjamah maka kebutuhan dasar sarana dan prasarana potensi wisata biasa kita bantu,” Ungkapnya.

Selain itu, Papar Uu, untuk objek wisata bantuan Pemprov Jabar juga bisa dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif lainnya. Masyarakat yang ingin mengajukan bantuan bisa melalui pihak desa yang nantinya akan diseleksi sesuai kelayakan. Bagi yang dianggap Ayah mendapat bantuan maka akan didorong Bagaimana memasarkan produk mengemas serta pelatihan produksi lainnya. (Tor)***

Baca Juga : Diresmikan Bupati : Kampung Berwarna, Rumah Runtah, dan Bukit Baros Panjalu Primadona Wisata Baru di Ciamis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.