Kementerian Agama Sebut Penelitian dan Pengabdian UIN Bandung Terbaik

 (Foto; Dok. Humas UIN Bandung)

Bandung – Kampus Universitas Islam Negri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dinilai menjadi salah satu kampus yang memiliki kualitas penelitian dan pengabdian terbaik dibanding kampus lain.

Demikian disampaikan Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dirjen Pendis Kementerian Agama Dr. Suwendi, M.Ag, saat menjadi narasumber dalam Workshop Peningkatan Mutu Pengabdian, yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkatn (LP2M) UIN Bandung di Shakti Hotel.

Dr. Suwendi, M.Ag, menjelaskan UIN Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi yang aktif di bidang penelitian, pengabdian.

“Penelitian topnya di UIN Bandung. Untuk urusan Publikasi seperti BCRR, UIN Bandung juaranya. Kehadiran jurnal Sinta 1 dari UIN Bandung, diharapkan menjadi kenyataan,” paparnya  dalam keterangan tertulis Humas UIN Bandung, Rabu (28/10/2020)

Hubungan antara penelitian dengan pengabdian harus ditingkatkan.

“Tanpa membudayakan tulis menulis, tuliskan apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis, tidak akan berkembang dengan baik tradisi penelitian dan pengabdian untuk peningkatan kualifikasi mutu pendidikan. Oleh karenanya, penelitian, pengabdian tak bisa dipisahkan karena penelitian tidak hanya mengisi ruang-ruang kosong, tapi harus beriringan saling melengkapi untuk mendorong publikasi ilmiah yang lebih baik,” tuturnya.

Dalam melakukan pengabdian di tengah masyarakat dosen harus tampil memberikan solusi.

“Tahun 2021 itu tahunnya riset, yang ingin kita dorong dari penerima manfaat secara masif itu masyarakat. Dari outputnya itu dosen mampu melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap masyarakat. Bukan untuk menggurui mereka, tapi harus menjadi mitra dalam jangka waktu yang lama, bukan sebentar, sehingga proses hilirisasi terjadi,” tandasnya. (Tor)***

Baca Juga : LP2M UIN Bandung Gelar Workshop Peningkatan Mutu Pengabdian

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.