UIN Sunan Gunung Djati Bandung Arahkan Mahasiswa Peroleh Pengakuan Global Melalui Literasi Digital

PUBLIKASI PROSIDING MENJADI PENCAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA AGROTEKNOLOGI UIN BANDUNG ANGKATAN 2020-2021

Bandung- Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung  diarahkan untuk memperoleh pengakuan global melalui publikasi ilmiah. Tidak tanggung-tanggung, kampus memberikan pelatihan penerapan aplikasi references sejak menjadi mahasiswa baru.

Rektor UIN Bandung, Mahmud sangat mendorong penguatan literasi  digital dan akselarasi publikasi ilmiah di lingkungan mahasiswa.  Termasuk pelatihan berkenaan dengan akses repositori bereputasi dan mencermati penulisan artikel ilmiah dalam bentuk prosiding.

Salah satu fakultas yang mengharuskan dan mengutamakan literasi digital kepada mahasiswanya adalah Fakultas Sains dan Teknologi. Terkhusus dalam publikasi ilmiah  yang disertai dengan diseminasi wahyu memandu ilmu (WMI) sebagai paradigma UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
”Diseminasi paradigma WMI melalui publikasi ilmiah ini menjadi arusutama di lingkungan akademisi sains dan teknologi,” ujar Hasniah Aliyah,  Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Kampus I Jalan AH. Nasution 105, Bandung, Selasa (03/11/20).

Senada dengan Dekan,Ketua Jurusan Agroteknologi Liberty Chaidir,  berkomitmen untuk penguatan paradigma WMI melalui pembelajaran keilmuan Islam sejak di semester awal. Salah satunya adalah penerapan pembelajaran  takhrij hadis melalui penerapan aplikasi digital. Berikut syarah hadis dengan pendekatan agroteknologi.

“Template prosiding telah disiapkan sejak awal perkuliahan. Mahasiswa tengah berlatih menulis paragraf per paragraf. Peningkatan kualitas penulisan dan kemajuan project pencapaian kertas kerja luar biasa seakan writing sprint,” lanjut Wahyudin Darmalaksana, Dosen Metodologi Ilmu Hadis di Jurusan Agroteknologi.

Materi kuliah Ilmu Hadis disajikan di Semester I Kelas A, B, dan C Jurusan Agroteknologi 2020-2021. Di termin akhir mahasiswa su diminta menjadi relawan untuk layout dan desain cover.

Artikel ilmiah mahasiswa rencananya dihimpun dalam bentuk books chapter. Produk ini akan menempuh pengajuan International Standard Book Number (ISBN) ke Perpusnas, Jakarta, pengajuan Hak Kekayaan Intelektual, HKI, ke Kemenkumham, RI., dan diterbitkan melalui publisher resmi. (Tor)***

Baca juga: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Siap Mendunia Lewat Metamorf XII

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.