Warga Cimahi Apresiasi Langkah KCIC Bangun Kolam Retensi di Lembur Sawah

CIMAHI, INDO-SATU – Langkah PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) membangun kolam retensi di Kampung Lembur Sawah, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan diapresiasi warga.

Pasalnya, wilayah Kota Cimahi bagian selatan kerap menjadi daerah langganan banjir tatkala musim hujan tiba. Kehadiran kolam retensi ini diharap jadi solusi masalah tersebut.

Ketua RW 16 Kampung Lembur Sawah, Agus Baharudin mengatakan, selama ini wilayahnya kerap diterjang banjir jika musim penghujan tiba. Oleh karena itu, adanya pembangunan kolam retensi ini menjadi solusi kepada  masyarakat yang terdampak banjir.

“Atas nama pribadi dan atas nama RW 13 Kelurahan Utama, Cimahi Selatan, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keprihatinan PT KCIC. Semoga kolah retensi dari PT KCIC bisa mengurangi atau meminimalisir banjir yang sering terjadi,” paparnya, Senin 24 Januari 2022.

Sementara itu, GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry mengatakan, pihaknya terus berupaya maksimal memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama yang berada di sekitar Trase KCJB.

“Kolam retensi ini untuk membantu warga dalam menangani masalah banjir yang sering dialami warga. Semoga kontribusi kecil dari kami bisa membawa perubahan besar yang positif untuk warga dan tidak ada lagi banjir di wilayah tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan normalisasi kolam retensi di Jalur A DK117+800 yang rencananya akan dimulai pada Senin, 24 Januari 2022 mendatang. Pasalnya, upaya penanganan banjir di wilayah tersebut harus dilakukan secara komprehensif agar berdampak besar terhadap upaya penanganan banjir.

“Bagi kami, upaya ini harus dilakukan secara menyeluruh dan tuntas sehingga manfaatnya akan lebih besar,” tambahnya.

Ia menyebut, program CSR seperti yang dilakukan di Jalur A dan B DK117+800 tersebut bukanlah yang pertama yang dilakukan selama pembangunan proyek KCJB.

“Sebelumnya, dilakukan program berupa pembangunan fisik maupun non fisik. Adapun beberapa pembangunan fisik dari program CSR KCJB lainnya yang sudah dapat dirasakan warga antara lain pembangunan jalan hingga renovasi kantor desa,” paparnya

Selain itu, pembangunan non fisik yang sudah berjalan diantaranya program penyerahan bantuan masyarakat khususnya untuk masyarakat tidak mampu dan korban bencana. Selain itu, KCJB pun rutin menggelar program pengembangan diri untuk warga seperti pelatihan UMKM berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing dan perekonomian warga.

“Sejak proyek KCJB berjalan, kami berkomitmen untuk selalu hadir memberikan kontribusi bagi warga melalui program CSR. Kami memiliki beberapa program pembangunan fisik dan non fisik yang beberapa diantaranya sudah dirasakan langsung oleh warga manfaatnya. Tentu saja program ini tidak boleh berhenti sampai di DK177+800. KCJB akan terus berkontribusi untuk warga,” jelasnya.***

Facebook
Twitter
WhatsApp

Copyright © 2020 Indo-Satu. All rights reserved.